Friday, May 16, 2008

Kinerja Pegawai Petra University

Beberapa hari ini aku menghadapi beberapa kejadian yang menjengkelkan berkaitan dengan pegawai UKP!!! Biasanya tidak pernah ada masalah dengan mereka tapi entah kenapa akhir-akhir ini mereka (para pegawai) sepertinya mereka menjadi tambah sangat amat tidak ramah dan respek terhadap mahasiswa. contohnya kemarin waktu bertemu dengan pegawai di kantor BAAK (untungnya bukan pegawai front office!!!), sungguh mengecewakan! isinya cuma bergosip saja waktu jam kerja! Sungguh bukan pemandangan yang enak dilihat. Setelah itu juga ada salah seorang staf di BAKP!!! kejadian tepat hari ini. waktu aku sedang masuk memang dia lagi nelpon. Karena itu ya aku tunggu aja dulu. Dan yang lebih mengejutkan, ia nelp sangat lama sekali dan aku dibiarkan menunggu sambil berdiri. tidak sedikitpun ada rasa risih dari staf tersebut karena ada orang yang sedang menunggunya sambil berdiri didepannya. kira2 ada sekitar 45 menit aku berdiri mendengarkan dia sedang bertelepon. Mungkin memang dia sedang membahas telp yang penting tapi apa tidak ada etika sama sekali membiarkan seorang customer menunggu sambil berdiri. yang lebih mengejutkan lagi! Ketika aku tanya apakah masih lama nelponnya? tidak ada jawaban sama sekali. So, aku keluar dari ruangan tersebut dengan sedikit jengkel dan banyak menggerutu!!! nah apakah begini perlakuan yang diberikan kepada pelanggan (mahasiswa) yang sudah membayar ke pihak universitas. sungguh tidak beradab sekali! Semakin lama Petra ini semakin tidak sadar diri jika kompetitor lain sudah mulai banyak bermunculan dan mungkin saja pelayanan yang diberikan jauh lebih baik daripada Petra! Jika universitas ini hanya mengandalkan nama besarnya saja tanpa memperhatikan layanan pelanggan dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) itu sendiri maka akan sangat mungkin tempat ini akan ditinggalkan dan digantikan oleh kompetitornya yang lebih bisa mengakomodasi needs and wants dari customer-nya. Yang perlu diperhatikan adalah institusi ini tidak akan bisa berdiri tanpa ada mahasiswa yang mendaftar.

2 comments:

Aditya Lin said...

Bagi yang merasa, kalo tersinggung ya baguslah. berarti anda masih manusia.....
yang jelas daripada aku protes kesana-sini dan hasilnya tidak didengar sama sekali lebih baik menghemat tenaga dengan tidak pernah lagi memperhatikan orang-orang seperti itu. Anggap saja aku ga butuh mereka dan mereka juga bukan satu2nya orang yang bisa aku mintai tolong untuk kali kedua. semoga masih ada pegawai dan staf di universitas ini yang masih nggenah dan punya semangat melayani. sebenernya aku kalo memperlakukan mereka juga g mbangeti kok. selalu diawali dengan tolong dan diakhiri dengan terima kasih sudah dibantu.

dy_nita said...

hehehe...protes yang menohok. but that's the reality. malah kadang sikap seperti itu nggak cuman ke mahasiswa, tp juga sesama pegawai. yah...semoga ada pegawai lain yang membaca tulisan AP dan menjadikan ini sebagai bahan eval diri. saya aja habis baca tulisan ini langsung berusaha mengingat2, jangan2 saya juga pernah gitu...
takut juga ^^